DV Power

DV-Power-RMO-TT PENGUJIAN TEMPERATURE RISE TRANSFORMATOR 3 PHASA-Heat Run Test

ABSTRAK Panas merupakan salah satu penyebab menurunnya ketahanan isolasi trans-formator, padahal tipe isolasi transformator mempunyai tingkat ketahanan terhadap suhu yang berbeda-beda. Tujuan pengujian kenaikan suhu adalah untuk mengetahui kenaikan suhu minyak dan belitan transformator. Pengujian menggunakan metode “HEAT RUN.”

Salah satu fitur yang disediakan oleh Software DV-Win adalah mode uji Heat Run otomatis. Instrumen melakukan pengukuran resistensi berliku / winding resistance. Instrumen perlu dihubungkan ke Trafo Winding secepat mungkin setelah transformator dimatikan/ Off-Line.

Metode ini memastikan bahwa hasil interpolasi yang paling akurat akan diperoleh. Saluran pengukuran resistensi 1 (VS_1) digunakan untuk pengukuran resistensi selama pengujian Heat Run. Seri instrumen RMO-TT memiliki saluran pengukuran suhu tambahan (enam untuk model RMO100TT, tiga untuk model RMO40TT dan RMO60TT) yang dapat digunakan untuk pengukuran suhu oli sekitar/ambient, minyak atas/top oil, dan bawah /bottom oil. Nilai suhu ini juga dapat diukur dengan termometer eksternal dan dimasukkan dalam perangkat lunak secara manual.

Ada dua mode pengukuran Heat Run: Dasar dan Lanjutan. Mode Dasar melakukan pengukuran resistensi secara berkala dan menggunakan informasi ini untuk mengekstrapolasi hasil untuk menentukan nilai resistensi saat pemanasan dimatikan (t=0). Tes Lanjutan melakukan perhitungan tambahan yang diperlukan untuk menentukan suhu titik panas berliku sesuai dengan standar IEC 60076-2_2011.

Gambaran umum tab Heat Run di perangkat lunak DV-Win diperlihatkan di bawah ini. Untuk RMO-TW dan
Model RMO-TD, nilai suhu selalu dimasukkan secara manual.

The Heat Run software tab – Basic settings

The Heat Run software tab for RMO-TT instruments – Advanced settings

The transformer measurement loss (in Watts).

Setelah semua koneksi dibuat dan semua parameter yang tersedia dimasukkan, pengujian dapat dimulai dengan menekan tombol START. Selama pengujian, nilai resistensi yang diukur ditampilkan dalam kisi hasil di bawah jendela parameter.

Heat Run test results – advanced mode

Setelah tes selesai, suhu titik panas berliku akan ditampilkan dalam warna merah di layar. Perangkat lunak ini juga menampilkan kurva pendinginan ketahanan dan suhu, yang menunjukkan nilai yang diukur dan dihitung pada grafik yang sama.

Hasil resistensi dari grid dapat disimpan dalam Laporan Uji yang berisi semua informasi pengujian yang diperlukan. Saat tombol Simpan ditekan, jendela baru akan muncul yang memperlihatkan pratinjau laporan.

Related posts

Leave a Comment

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to admin@bdmandiri.com

× How can I help you?